TERNYATA....!!! Anda Butuh 274 Tahun Sholat di Masjidmu Untuk Menyamai 1x Sholat di Baitullah

Tanah haram (Makkah dan Madinah) adalah tempat yang dimuliakan oleh Allah. Di antara kemuliaannya adalah pelipatgandaan pahala shalat di masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Khusus untuk tanah haram di Makkah, kita ketahui bahwa pahala shalat di Masjidil Haram adalah 100.000 kali dari shalat di masjid lainnya.
Dari Jabir, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad 3/343 dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173.)

Hadist ini sudah sering kita dengar di pengajian-pengajian, dan yang sering di sampaikan adalah pada saat acara manasik haji dan umroh. Apa yang ada dalam benak anda terhadap hadist tersebut? mungkin kagum dengan kebesaran Allah SWT yang telah memuliakan tanah Haram atau mungkin ada yang biasa saja karena sering di dengar.

Tetapi ulasan berikut ini bisa mengubah persepsi atau rasa kekaguman anda tentang hadist ini...Penasaran khan!!!

Baik kita mulai. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya. Hadist ini bersifat umum dan tidak mengkhususkan sholat tertentu, yang bisa dipahami adalah 1 sholat sunat apa saja yang dilakukan di Masjidil Haram lebih utama dari pada 100.000 sholat sunat di masjid lainnya. Melaksanakan 1 waktu sholat fardhu Isya, subuh, zhuhur, ashar, atau magrib di Masjidil Haram lebih utama dari pada 100.000 kali sholat fardhu Isya, subuh, zhuhur, ashar, atau magrib di masjid lainnya.

Jika memang demikian maksudnya (wallahu a'lam), maka selanjutnya kita menyoroti pahala 100.000x. Sebuah Ilustrasi bahwa dalam waktu 24 jam, sholat Subuh hanya dilaksanakan sekali. artinya bahwa jika waktu sholat subuh yang dimaksud tersebut di dirikan di Masjidil Haram, maka diperlukan 100.000 kali mendirikan sholat subuh di masjid yang lain (kecuali Masjid Nabawi). Mengingat sholat subuh hanya sekali dalam 24 jam, maka diperlukan waktu 100.000 hari sholat di masjid lainnya untuk menyamai sekali sholat subuh di Masjidil Haram.

Inilah closing statementnya "100.000 hari, jika dikonversi ke tahun (365 hari) maka hasilnya kurang sedikit dari 274 tahun (tepatnya 273,97 tahun). Artinya bahwa sekali sholat subuh di Masjidil Haram maka setara dengan melaksankan sholat subuh selama 274 tahun di masjid lainnya. Luar Biasa khan

Inilah satu dari sekian banyak kemuliaan yang diberikan oleh Allah kepada umat akhirul zaman. dengan umurnya yang sangat pendek rata-rata 60-70 tahun, tetapi peluang dari aspek kuantitas dan kualitas ibadah tidak kalah atau bahkan bisa melebihi umat-umat terdahulu. Semoga Allah meRahmati kita semua. Wallahu A'lam.

Disusun oleh Jenisaja
Sumber: Dikembangkan dari buku "Tata cara mengunjungi Masjid Nabawi" oleh Yang Mulia Abdul Aziz Abdullah Bin Baz (Ulama Besar Kerajaan Saudi dan Ketua Dewan Ulama Senior)
Label:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.