Waspada Diare Pada Bayi


Waspada Diare Pada Bayi
Waspada Diare Pada Bayi
Apa itu Diare?
Diare adalah pergerakan usus yang tidak menyenangkan, tidak nyaman, dan bercairan yang terus-menerus - biasanya dibawa oleh infeksi gastrointertinal (GI) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. GI pada umumnya termasuk infeksi bakteri antara lain infeksi yang disebab oleh E.coli dan beberapa virus diare seperti rotavirus yang menyebabkan diare pada bayi. Semua infeksi ini sangat menular. Infeksi diare dapat menyebar melalui tangan yang kotor, makanan atau air yang terkontaminasi dan kontak langsung dengan feses. 
Ringkasan gejala:  

    • Dehidrasi
    • Hilangnya nafsu makan
    • Muntah
    • Demam
    • Mual
    • Turunnya berat badan
    • Pergerakan usus yang berair dan terus-menerus

    Tips Pencegahan:


              Praktek pengobatan 

              • Rebus air minum!

              Jangan meminum air jika Anda berpikir itu tidak aman. Rebus air selama satu menit sebelum Anda meminum atau menggunakannya untuk masak.

              Kebiasaan bersih 

              • Kebersihan tangan yang baik!

              Infeksi GI dan diare sangat menular - khususnya jika Anda melakukan kontak dengan feses melalui mengganti popok atau membantu orang dewasa yang sakit untuk ke kamar mandi - pastikan Anda dan orang yang Anda cintai mencuci tangan dengan sabun secara teratur. Dengan cara ini Anda dapat mencegah penyebaran kuman dan penyakit.

              Praktek Pengobatan 

              • Tetaplah terhidrasi!

              Meminum sedikit air namun sering sepanjang hari akan membantu merehidrasi tubuh Anda. Cobalah meminum jus buah segar (tanpa ampas) atau teh dan madu, juga air putih yang bersih.

              Nutrisi 

              • Persiapkan makanan Anda dengan hati-hati!

              Makanan yang terkontaminasi dapat menyebabkan diare. Jadi cucilah perabot anda dengan tepat, masak makanan sesuai dengan temperatur yang direkomendasikan, bilas buah dan sayur secara menyeluruh dengan air bersih.

              Mitos yang Salah:

              Diare adalah pertanda bahwa ada 'gangguan' dalam tubuh saya dan gangguan itu keluar...

              Tidak tepat ... Diare merupakan salah satu gejala dari infeksi - tubuh Anda yang 'mengusir gangguan' tidak berarti infeksi yang menyebabkan diare tersingkirkan! Saya harus minum air lebih sedikit ketika saya mengalami diare ...



              Tidak. Karena hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Anda kehilangan cairan setiap kali Anda buang air -apalagi saat Anda mengalami diare. Dan kurangnya asupan cairan mengakibatkan dehidrasi, yang berarti tubuh Anda tidak akan bekerja atau pulih dengan baik. Perbanyak minum. Dan pastikan air yang Anda minum telah direbus terlebih dahulu. 


              Sumber Medis : British Health Authority

              Referensi: 

              Label:
              [blogger]

              Author Name

              Formulir Kontak

              Nama

              Email *

              Pesan *

              Diberdayakan oleh Blogger.