Berada di Derah Ini Serasa Kamu Tinggal di Korea, Mau Tahu Apa Penyebabnya?

Berada di Derah Ini Serasa Kamu Tinggal di Korea, Mau Tahu Apa Penyebabnya?
Berada di Derah Ini Serasa Kamu Tinggal di Korea, Mau Tahu Apa Penyebabnya?

Indonesia memang memiliki sejuta keindahan. Tak hanya itu, keunikannya juga menjadin ciri khas yang mungkin tak pernah dimiliki negara lainnya.

Seperti keunikan yang terdapat di daerah bagian tenggara Pulau Sulawesi, Sulawesi Tenggara ini, tepatnya di Kota Bau-bau. Disebut unik sendiri karena di daerah ini nyaris sama dengan Korea. Nah lho, bagaimana bisa? 

Kata “sama” disini maksudnya bukan dari suasana atau sistem bangunannya, melainkan bahasanya. 

Ya, dikutip Tribuntravel.com, penduduk Kota Bau-bau menggunakan bahasa Cia-cia yang penulisannya menggunakan aksara Korea. Huruf Hangeoul yang merupakan aksara Korea digunakan untuk penulisan bahasa Cia-cia karena penuturannya yang hampir sama.
Tak heran jika terdapat huruf Hangeoul yang tertulis di plang-plang, mulai dari plang sekolah hingga plang penanda jalan. 

Sementara itu, Chun Thai Yun, yang merupakan seorang professor Korea melakukan penelitian terhadap suku-suku dan bahasa yang ada di Bau-bau. Dan hasil penelitian menunjukkan, bahasa Cia-cia ternyata memiliki penuturan yang sama dengan huruf Hangeoul. 

Selanjutnya, peneliti dari Seoul National University tersebut mengajak Kota Bau-bau untuk menggunakan huruf Hangeoul sebagai huruf dari bahasa Cia-cia. Setelah sepakat untuk digunakan, huruf Hangeoul pun diajarkan di sekolah-sekolah di Kota Bau-bau. Oleh karena itu, daerah ini disebut sebagai negara Korea kedua. 


Sumber :  http://palingseru.com/107259/berada-di-derah-ini-serasa-kamu-tinggal-di-korea-mau-tahu-apa-penyebabnya
Label:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.