Perampok Dan Maling Mengincar!!!...Waspadai Aksi Coretan Dinding

Perampok Dan Maling Mengincar!!!...Waspadai Aksi Coretan Dinding
Perampok Dan Maling Mengincar!!!...Waspadai Aksi Coretan Dinding
Pernahkah anda melihat coretan-coretan pylox di tembok, pagar, tiang listrik, atau fasilitas umum? Tentu sering, hampir di semua sudut kota maupun pedesaan, kita sering melihat coretan-coretan di tembok dan pagar rumah. Selama ini kita menganggap hal tersebut adalah aksi vandalisme yang biasanya dilakukan oleh remaja nakal dan berkeliaran di malam hari. Selain mengotori tembok dan merusak pemandangan, aksi tersebut juga membuat kita harus mengeluarkan biaya lagi bila ingin menghapusnya dengan mengecat ulang.

Namun tahukah anda, ternyata beberapa coretan dengan tulisan khusus memiliki arti yang mesti kita waspadai keberadaannya, apalagi jika coretan tersebut tertulis di tembok / pagar rumah kita. Mengapa?


Selain murni vandalisme, ternyata ada coretan-coretan yang mempunyai kode khusus untuk para pencuri. Ya, sekarang komplotan pencuri mempunyai cara baru bagaimana memberitahu rekan mereka ketika ada rumah yang aman untuk dicuri. Jadi kamu harus waspada ketika melihat ada coretan aneh di sekitar rumahmu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah contoh kode-kode pencuri yang berhasil terungkap.

Tanda silang merah

Para pencuri menandai rumah yang dijaga oleh satpam atau tidak pernah sepi dengan membuat coretan silang warna merah di sekitar rumah tersebut. Kode ini ditujukan oleh rekan pencuri lain yang khusus bertugas menjalankan aksi, jadi mereka bisa lebih hati-hati atau mengalihkan ke target lain. Orang yang menulis kode tersebut hanya bertugas mengamati rumah tertentu dan memberitahu hasilnya di tembok.

Tanda silang hitam atau putih

Tanda silang berwara hitam atau putih menandakan bahwa sebuah rumah tidak ada penjaganya sama sekali, sehingga si pelaku pencurian bisa lebih tenang dalam menjalankan aksinya. Kode ini tidak selalu besar, namun juga pernah ditemukan dengan ukuran kecil sehingga tidak menjadi perhatian orang.
PA

PA adalah singkatan dari Posisi Aman. Kode ini dimaksudkan untuk menandai rumah yang terbebas dari hiruk pikuk warga sekitar, atau tidak banyak orang yang melintas dan nongkrong di sekitar rumah.
Alamat Rumah

Ternyata kode pencuri tidak selalu ditulis di sekitar rumah incaran. Agar rekannya lebih mudah menemukan rumah tersebut, si pengintai akan menulis kode di sekitar jalan masuk kampung atau perumahan. Contohnya FA 1046, ini dibaca sebagai:
  • F – (nama kampung atau perumahan)
  • 1046 – Nomor rumah target
  • 7 punya – Sudah ada yang punya target rumah ini 
Waktu Aman Menjalankan Aksi.

Setiap rumah tidak mungkin bisa dimasuki pencuri setiap saat. Walaupun rumah tersebut tidak ada penjaga, si pengintai harus mengamati kapan pemilik rumah lengah. Setelah mendapatkan hasil, dia akan memberi tahu rekannya dengan menulis kode yang menunjukkan kapan waktu yang aman untuk menjalankan aksi. 5724 adalah contoh kode yang mengarah ke tujuan ini. 5724 bisa diartikan sebagai berikut:
  • 57 – waktu aman menjalankan aksi pertama adalah antara pukul 5 sore sampai 7 malam
  • 24 – waktu aman menjalankan aksi kedua adalah antara pukul 2 pagi sampai 4 pagi
STRONG


Kode ini mengindikasikan bahwa sebuah rumah aman dan sangat direkomendasikan sebagai sasaran pencurian, bisa karena harta yang ada di dalamnya sangat banyak dan bernilai tinggi.
Jadi, apa yang harus kita lakukan?

Setelah mengetahui informasi ini, kita menjadi tahu bahwa ternyata ada “pesan tersembunyi” di balik coretan-coretan di sekitar rumah. Alih-alih membiarkan begitu saja, kita harus cepat mengambil inisiatif. Yang pertama tentu saja menghapus coretan apapun yang ada di tembok rumah atau tempat lain, kita tidak perlu terpaku pada contoh kode di atas karena kemungkinan banyak kode berbeda yang digunakan para komplotan pencuri. Walaupun harus mengeluarkan biaya untuk membeli cat baru, itu jauh lebih murah daripada harus kehilangan barang berharga di rumah kita kan?
Yang kedua, kita harus saling memberitahu bila menemukan coretan-coretan mencurigakan di rumah tetangga dan tempat lain yang kurang diperhatikan. Yang ketiga, hidupkan kembali sistem keamanan lingkungan seperti siskamlin. Yang terakhir, silahkan share informasi penting ini agar teman-temanmu tidak menjadi korban aksi pencurian. 
Label:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.